The Other Side of Me: Anime Jadoel

Saturday, September 11, 2010

Anime Jadoel


Ceritanya dimulai dari temen kerjaku yang beli komik Detektif Kindaichi. Akhirnya baca komik lagi setelah hampir 1 tahun gak menikmati asiknya cerita bergambar bernama komik ato manga ini. Nah, dari situ aku jadi pengen deh beli komik-komik jadul jaman-jaman aku masih imut tapi ingusan yang sekarang udah langka banget gitu. Aku pengen beli Candy Candy, tapi setelah nyari-nyari,  googling, ngaskus, hadeuh...harganya tu lho....muahalnyaaaa....!!! Hmmm...kalo ada yang jual murah mau donk....tapi yg kondisinya msh bagus ya...80% gitu lah…hehehe...

Terus berawal dari komik Candy Candy jadi ngobrol ngalor ngidul ma temenku deh....dari manga jadi ngobrolin anime. Secara Candy Candy kan dibuat anime juga, tahun 90-an gitu tayang di Indonesia, lupa juga waktu itu aku udah sekolah pa belum, hehe...Eh...abis ngobrol-ngobrol itu sekarang jadi pengen deh posting anime pas jaman aku masih kecil, tontonanku usia SD gitu lah ya...



  1. Candy Candy
Tokoh utama cerita ini adalah Candice "Candy" White Ardlay, seorang gadis Amerika berambut pirang dan ikal dengan wajah berbintik-bintik noda matahari dan mata belo (besar) dengan bola mata berwarna hijau. Berdasarkan cerita dari serial komik Candy Candy isi cerita utamanya mengungkapkan kisah perjalanan hidup dan cinta Candy. Cinta pertama Candy adalah tokoh yang bernama Anthony Brown. Tetapi serial Candy akan selalu diingat oleh hampir semua fansnya sebagai kisah cinta yang tragis antara Candy dan cinta sejati dan belahan jiwa Candy, Terrence "Terry" Grandchester. Selain itu, ada tokoh yang selalu disebut-sebut sebagai "Pangeran di Bukit" ("Prince of the Hill"), seorang pemuda misterius yang pernah bertemu dengan Candy di bukit Pony, semasa Candy masih berumur 6 tahun dan tinggal di panti asuhan Rumah Pony. Identitas Pemuda ini belakangan terkuak di halaman terakhir komik manga dan di episode terakhir dari serial kartun animasi Candy candy yaitu William Albert Ardley, adik dari Rosemary Brown, Ibu Anthony.

  1. Sailormoon
Sailor Moon adalah judul sebuah franchise terkenal yang diciptakan oleh seniman manga Jepang Naoko Takeuchi. Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan tata surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan kristal perak.
Seorang gadis berpakaian sailor (sera fuku) mengejar seseorang lelaki bertuxedo dan memakai topeng. Keduanya bertarung untuk mencari Kristal Perak (Silver Crystal) yang ternyata tidak ada di tangan sang pemuda.
Usagi yang terinspirasi akan kepahlawanan Sailor-V, ia berniat menjadi pahlawan seperti jagoannya. Hal itu terkabul saat bertemu dengan Luna yang membuatnya berubah menjadi Sailor Moon. Perjuangan melawan pasukan kejahatan tidak sendiri, perlahan Usagi menemukan teman baru yang juga termasuk pengawal kerajaan bulan. Pada awalnya Sailor Moon memiliki empat teman termasuk Sailor-V yang ternyata adalah Sailor Venus, kepala pengawal kerajaan. Perlahan-lahan sejalan dengan cerita dia bertemu dengan sailor lainnya hingga bertemu dengan anaknya di masa depan, Chibiusa (pada versi Sailormoon Super).
Setelah berbagai pertempuran hingga membangkitkan kekuatan bintang mereka, Sailor Moon bertemu dengan sailor dari galaksi lain.
Hampir semua musuh yang dilawan berbasis pada nama bulan seperti Half Moon, Dark Moon, Death Moon, dan lain sebagainya. Dari semua kekuatan kejahatan yang mengincar kristal perak, yang diduga memiliki kekuatan tak terhingga.

  1. Miracle Girls
Manga karya Nami Akimoto ini dibuat versi anime oleh Nippon Animation pada tahun 1993. Anime ini bercerita tentang anak kembar bernama Mikage Matsunaga dan Tomomi Matsunaga. Mereka berdua biar kembar tapi sifat dan karakternya jauh beda. Tomomi itu tomboy dan jago olahraga, sementara Mikage feminim dan lebih pintar dalam hal pelajaran. Merka berdua punya kelebihan yang gak dimiliki orang kebanyakan, yaitu bisa telepati dan teleport. Tokoh lain dalam anime ini adalah Yuya Noda, anggota tim atletik sekolah mereka, dan Hideaki Kurashige yang mendapat beasiswa untuk sekolah di London. Noda adalah pasangan Tomomi, sedangkan Kurashige aalah pasangan Mikage. Ini salah satu anime favoritku dan Tomomi adalah tokoh favoritku karena karakternya hampir mirip denganku, bedanya aku gak jago olahraga, malah payah banget seperti Mikage, hehe…bahkan sampai sekarang aku di panggil Tomomi sama temen2.

  1. Ranma 1/2
Ranma 1/2 adalah manga dan anime komedi karya Rumiko Takahashi. Ceritanya, Ranma dan ayahnya, Saotome Genma, dalam perjalannya di Provinsi Qinghai, Cina, terjatuh pada mata air terkutuk Jusenkyo. Masing-masing mata air terhubung pada kisah seseorang atau sesuatu yang pernah tenggelam di mata air tersebut ribuan tahun yang lalu. Apabila ada seseorang yang terjatuh di dalamnya maka orang itu akan berubah wujud jika terkena air dingin dan akan kembali ke wujud semula jika terkena air panas. Genma jatuh ke air mata Panda dan Ranma jatuh ke mata air Gadis.
Saat mereka kembali ke Jepang, Genma memberitahukan pada Ranma bahwa Ranma telah ditunangkan oleh seorang gadis yang sama sekali belum pernah ditemuinya.

  1. Time Trouble Tondekeman
Anime ini kalo gak salah judul bahasa Indonesianya adalah Teko Ajaib. Ceritanyan tentang petualangan menembus waktu Yumi Arama dan Hayato Shindou bersama dengan si Teko Ajaib, yang setiap mau membuka pintu waktu selalu bilang "bidib…bidip…terbang…terbang…teko ajaib…".  Dalam petualangannya mereka bertemu dengan seorang pangeran (Pangeran DanDan) dan seorang putri (Putri Syalala). Ending cerita ini agak aneh dimana akhirnya tokoh utamanya menjadi kembar 11 (dari berbagai masa) dan membentuk sebuah tim sepakbola.


  1. Kickers
Ganbare, Kickers! Adalah manga karya Noriaki Nagai. Diadaptsi menjadi serial anime 26 episode oleh Studio Pierrot selama 1986-1987. Bercerita tentang sebuah tim sepak bola di sekolah dasar Kitahara, yang berjuang tanpa striker yang kompeten. Lalu semuanya berubah ketika Kakeru Daichi datang. Dia bergabung dengan tim, dan menerapkan keterampilan yang diperolehnya dr klub sepakbola anak terkenal "the Falcons". Kickers kemudian masuk ke kejuaraan anak dan melalui perjuangan yang keras, akhirnya mampu memperoleh kemenangan.

  1. Dash! Yonkuro
Sebuah film yang diangkat dari manga karya Saurus Tokuda. Bercerita tentang 5 sekawan yang tergabung dalam team Dash Warrior, terdiri dari Yonkurou Hinomaru, Kouji Jimi, Rinko Sumeragi, Dankurou Toda, dan Shinkurou Minami dalam mengarungi turnamen mini 4 WD.
Dash-1 Emperor, Dash-2 Burning Sun, Dash-3 Shooting Star, Dash-4 Cannon Ball, dan Dash-5 Dancing Doll. Pastinya anak anak jaman tahun 90-an sangat akrab dengan nama-nama itu. Selain ada juga Dash 0 Horizon dan tentu saja musuh besar mereka, Kidouin dengan Proto Emperor-nya (Dash-X1).

  1. Doraemon
Ini adalah anime sepanjang masa. Doraemon adalah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio sejak tahun 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita. Nobita, setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau setelah diganggu oleh Giant dan Suneo, akan selalu mendatangi Doraemon untuk meminta bantuannya. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya "baling-baling bambu" dan "Pintu ke Mana Saja". Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

  1. Saint Seiya
Saint Seiya ialah anime dan manga karya Masami Kurumada. Manga ini bercerita tentang lima pendekar yang diberi julukan "Saint" dan memiliki kekuatan berdasar pada pelindung tubuh (armor) yang disebut "Cloth", yang berasal dari konstelasi masing-masing pemiliknya. Setiap Saint memiliki kekuatan khusus yang disebut "Cosmo". Mereka diberi tugas untuk melindungi Saori Kido, reinkarnasi dari Dewi Athena (Dewi perang dan kebijakan). Saori dulunya berada di Sanctuary, tempat para Saint yang mengabdi pada Athena. Tetapi, salah satu Saint berkhianat dan memperdaya Saint lain untuk membunuh Saori bayi.
Saint Sagitarius yang menyadari kekeliruan berusaha menyelamatkan Saori. Ketika Sagitarius hampir tewas, dia menitipkan bayi Saori pada seorang konglomerat dan memintanya untuk membesarkan Saori. Setelah dewasa, Saori lalu mengumpulkan Saint-Saint yang dijadikan pelindungnya. Mereka bersumpah setia dibawah perintah Saori. Mereka lalu pergi ke Sanctuary untuk menggulingkan kekuasaan sesat Saint Gemini yang menjelma menjadi Pope (Paus), setelah membunuh Pope yang asli.

  1. Dragon Ball
Dragon Ball  adalah sebuah manga dan anime Jepang yang dikarang oleh Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda jenius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.
Dragon Ball adalah 7 buah bola kristal yang tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna oranye dan miliki bintang di dalamnya, apabila seseorang berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan sebuah permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati. Dalam perjalanannya bersama Bulma mencari Dragon Ball, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya adalah dari Tentara Pita Merah. Kelompok ini mempunyai keinginan yang sama dengan Goku dan Bulma.

Itu dia 10 anime yang aku tonton waktu masih kecil banget, dan sebagian juga udah lupa ceritanya sih sebenernya…pengen nonton lagi anime nya…pengen baca manga nya…!!

10 comments:

  1. yg paling seru dulu dragon ball bos...,, tp sekarang ane suka one piece N naruto...

    hehee...

    ReplyDelete
  2. dragon ball ... harusnya punya lengkap koleksinya, tapi yang no 34 ama 42 dipinjem n tak kembali.... :(

    ReplyDelete
  3. wah jadi ingat masa dulu .. suka nonton dragon ball..!

    ReplyDelete
  4. wah film kartun masa kecil =) aku juga saking kangen nya dengan film2 ini akhirnya donlot miracle girl lengkap heheheh, buat koleksi aja untuk mengingat masa lalu =)

    ReplyDelete
  5. @isal, numberone, kibagus : iya...dragon ball bagus...tapi aku sukanya pas Goku masih kecil aja...hehe

    @Lulu: Miracle Girls is my favorite...aku punya manga n anime-nya lengkap...ternyata ceritanya di manga beda ma anime-nya, nama2 tokohnya jg beda...di manga namanya bukan Tomomi n Mikage, tp Karin n Katty...hahaha...

    ReplyDelete
  6. iya betul!!

    emang beda tapi mungkin karena waktu kecil cuma bisa nonton animenya, jadi yang membekas dihati yaa.. animenya. kalo denger openingnya langsung otaknya flash back masa2 indah anak2!!

    bikin suasana beda kal nontonnya sekarang yaaa

    ReplyDelete
  7. @Lulu: iya...baca manganya malah aneh gitu keknya...hahaha...pengen deh liat anime2 jaman dulu lg...

    ReplyDelete
  8. Saint Seiya.. hik.hik. jaman dulu RCTI...
    Shulato... Indosiar...
    huah.. nostalgia....

    ReplyDelete
  9. miracle girls......demen bgt ma lagu opening nya...

    ReplyDelete

Music Video of The Week