The Other Side of Me: Tampang Sangar, Hati Menawan

Thursday, March 15, 2012

Tampang Sangar, Hati Menawan

Superman Is Dead. Saya mengenal nama itu sewaktu masih kelas 2 SMA, dari radio yang memutar lagu "Punk Hari Ini". Sekali mendengarkan, saya langsung suka dengan lagu itu. Saya memang lebih menyukai musik-musik keras macam Linkin Park, Blink 182, Sum 41, dll. Sedikit aneh memang untuk remaja putri seperti saya waktu itu, apalagi saya dikenal kalem dan pendiam #ehem. Kebanyakan cewek, apalagi SMA, lebih suka stupid love song yang menye-menye, kan? Dengan penyanyi yang ganteng-ganteng (katanya). Tapi saya memilih aliran musik yang lebih banyak disukai kaum adam.

Sampai sekarang saya tetap menyukai SID. Dan bisa dibilang, SID adalah satu-satunya band Indonesia yang menjadi idola saya. Maaf, saya tidak tertarik dengan band-band yang mengumbar lagu cinta dengan vocalist berwajah ganteng, apalagi boyband yang sekarang menjamur. Banyak teman saya yang heran dengan pilihan musik saya. Mungkin karena tidak sesuai dengan penampilan saya. Seorang wanita, berjilbab, yang kalem dan pendiam (katanya), apalagi sekarang sudah bersuami, bukan remaja lagi, playlist-nya adalah lagu-lagu SID yang menurut mereka, "ini lagu apa sih? Bikin pusing!"

Lirik lagu-lagu SID mengandung pesan dan mempunyai arti yang dalam, bukan sekedar kata-kata rayuan gombal. Kritik sosial, pesan moral, dan kecintaan SID pada Indonesia dituangkan dalam lagu-lagunya. Pentingnya Bhineka Tunggal Ika, indahnya bersatu dalam perbedaan, dapat kita tangkap dari lagu "Kuat kita Bersinar". "Luka Indonesia" yang menyerukan agar jangan ada lagi 'saling mangsa' antar saudara sebangsa. Dan kemarin, ketika saya mendengarkan SID membawakan lagunya yang berjudul "Jadilah Legenda", saya merinding. Lagu yang menggambarkan kecintaan yang begitu besar untuk Indonesia. Mereka juga selalu berpesan kepada fans-nya, Outsider dan Lady Rose, untuk selalu damai dan menjauhi anarki.

SID buat saya bukan sekedar musik. Memang, awalnya saya menyukai SID karena musiknya, lagu-lagunya yang beda. Jarang ada musisi Indonesia yang sebagian besar lirik lagunya dalam Bahasa Inggris. Terlebih lagi, mereka bertiga bisa menyanyi sama baiknya. Adakah band lain yang semua personilnya juga bisa menyanyi sebaik vocalist-nya? Setelah bertahun-tahun mengikuti album demi album SID, dan setelah "lebih mengenal" bli Bobby, bli Eka dan bli JRX, saya semakin jatuh cinta pada SID, pada mereka bertiga. Secara penampilan, mereka bertiga memang terkesan "berandalan", dengan tattoo memenuhi tubuh. Tapi secara pribadi, mereka bisa menjadi panutan. Mereka jarang diberitakan, hampir tidak pernah ada di infotainment, tapi sederet prestasi bisa menjadi bukti. Talk less do more. Mungkin begitulah ungkapan yang tepat untuk SID. Go international dengan mengadakan tour ke berbagai negara, bahkan menjadi band pertama di Indonesia dan band kedua di Asia yang mampu menghentak publik Amerika dalam konser Vans Wraped Tour, salah satu festival musik terbesar di Amerika. Mereka adalah musisi pertama di Indonesia yang masuk dalam Billboard Uncharted. Dan masih banyak prestasi lainnya. Mereka juga sangat concern dalam hal kemanusiaan dan lingkungan. Sering mengadakan kegiatan bersih pantai di Bali, ikut berdemo menolak pembangunan mega proyek Bali international Park (BIP) yang dinilai melanggar peraturan agraria dan membebani daya dukung ekologis Bali, mengecam segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, menjunjung tinggi perbedaan. 

Masih ada sebagian orang yang mengecam SID, seperti yang sering saya baca di twitter, terlebih karena pernyataan-pernyataan bli JRX yang terkadang memang sedikit kontroversial. Tapi setiap saya membaca tweet @JRX_SID saya melihat maksud baik disana. Pahamilah dulu maksud dalam setiap pernyataan itu sebelum mengecam. Memang, tidak semua pernyataan bli JRX saya setuju. Tapi, bukankah setiap orang boleh berpendapat? Bukankah kita juga harus menghormati pendapat orang lain? Semakin banyak kita mendengarkan pendapat orang yang berbeda-beda, akan semakin terbuka luas pemikiran kita. Jadi, untuk apa kita mengecam bahkan memaki-maki orang yang tidak sependapat dengan kita? Janganlah berpikiran sempit. Beda pendapat itu biasa, kawan!

Mengidolakan sesuatu juga bukan berarti kita harus mencontoh semua yang dilakukan idola kita. Tidak ada yang sempurna, begitu pun idola kita. Be smart. Saya tidak mungkin ikut men-tattoo tubuh saya, atau minum alkohol seperti mereka, karena agama saya melarang, dan karena tidak sesuai juga dengan kepribadian saya. Tapi bukan berarti pula saya harus men-judge itu sebagai hal yang buruk, menganggap mereka salah, itu bukan urusan saya. Kembali lagi, pilihan hidup dan kepribadian setiap orang itu berbeda, dan hargai itu. Dan menurut saya, tattoo mereka keren kok. Yang akan saya lakukan adalah mencontoh kepedulian mereka terhadap lingkungan dan kemanusiaan, menjunjung tinggi persatuan di atas perbedaan, lebih mencintai negara ini, dan hal-hal positif lainnya yang dapat saya ambil dari SID. Dan buat mereka yang mengaku sebagai Outsider/Lady Rose, tapi senang mencaci band lain, mencari ribut, dan hal-hal semacam itu, saya akan bilang, "kalau kalian ngaku fans SID, contoh donk mereka. Kalian gak pantes nyebut diri kalian Outsider/Lady Rose kalau sukanya cari musuh!"

Saya bersyukur bisa mengenal SID dan belajar banyak dari mereka. Saya bangga dengan SID. Saya bangga menjadi Lady Rose. Saya bangga Indonesia memiliki SID. Tiga musisi bertampang sangar tapi baik hati.


*PS: ada yang bilang, tulisan saya gak konsisten, di atas menghina boyband kok di bawah bilang jangan menghina. Mana ya kata-kata saya yang menghina? Saya kan hanya bilang, saya gak tertarik dengan band-band yang nyanyiin lagu cinta-cintaan aja, gak tertarik sama boyband-boyband, karena selera musik saya bukan yang seperti itu. Tapi kan saya gak bilang mereka jelek, atau apalah. Saya juga tidak mencaci-maki mereka seperti yang sering saya lihat, yang bilang anti band ini lah, band itulah. Hey, kita gak suka bukan berarti boleh menghina dan melecehkan seperti itu. Belum tentu kalian yang menghina itu lebih baik, belum tentu kalian bisa berkarya seperti mereka. Sekali lagi saya tegaskan, gak suka bukan berarti harus menghina. Sekian.



45 comments:

  1. folbek yaa www.vaick6661.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Oi...Oiiii...Dari Kota Jepara Juga Menyambut Kawan....
      I Love SID, By Carving Rock City

      Delete
    2. Vaick: Salam semua... Makasih mampir kesini :))
      Garden: Jepara? tetanggaan donk kita, saya asli Pati :)

      Delete
  2. jangan hanya indonesia jd legenda tp SID juga jadilah legenda

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D semoga banyak yg bisa mengapresiasi karya2 luar biasa mereka

      Delete
  3. keren....i like it..salam outsiders n ladyrose :D

    ReplyDelete
  4. Yeah..they are the devil angel heart

    ReplyDelete
  5. kuat kita bersinar.. SID tetap bersinar..

    ReplyDelete
  6. SID, memang seniman musisi yang bagus.. :))

    ReplyDelete
  7. SID emang keren dan nggak ada matinya hehehe....piss

    ReplyDelete
  8. gwe jg suka SID,,,
    pengecut bkanlah jati diri sejati,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. buktikan kalo fans SID bukan kumpulan orang yg suka cari ribut :))

      Delete
  9. Nice Posting Miss...Four Thumbs Up for SID...

    ReplyDelete
  10. nice story sister :)

    visit back my blog :)
    http://fakhruoutsiders.blogspot.com/

    keep rock with your style and your brain!

    ReplyDelete
  11. Darah saya adalah DARAH INDONESIA...
    salam bwt woelan tomomi dan sejawat
    dari kami...
    -from _*Bandung Rock City*_

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Bandung...kumaha damang?
      kebetulan saya sering ke Bandung nih, karena suami tingga; di Bandung :)

      Delete
  12. Keep Rock Sis,,,
    Sama seperti halnya JRX mengidolakan Bad Religion,,, tp tdk mesti dy mengikuti konsep/prinsip yg dianut idolanya tsbt... yang terpenting dari semuanya adalah karyanya & bagaimana cara mereka menyampaikan pesan2 sosial...
    Saya jg pny Band Punk Rock, SID a/ slh 1 dr influenz saya dlm bermusik, tp saya tdk bertatoo,tdk minum alkohol, bahkan merokok jg tdk,,,
    Salute buat tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya :)
      iya, memang seharusnya seperti itu.
      Sukses buat band nya :))

      Delete
  13. kakak yang satu ini memang 'berbahaya'! :)
    Cheers

    ReplyDelete
  14. nice posting sista.. :)
    tentunya bisa jadi renungan dan contoh bagi kita..
    salam kenal saya agustin ladyrose boyolali.. :)

    ReplyDelete
  15. Semua isi tulisan sama dengan pemikiran dan hampir sama dengan pengalaman ku.
    salam kenal Sista...

    ReplyDelete
  16. very nice sist ...
    I like .. :D
    Cheers ..

    ReplyDelete
  17. nice statement...
    gua suka tulisan lu...
    "Perbedaan adalah sebuah keindahan"
    :)

    ReplyDelete
  18. ikut nimbrung aja :D
    kali aja ada yg mau mampir ke blog saya
    http://agungcreator.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. itulah SID band punk yang perlu dijadika motifasi untuk maju...ilove SID from outsiders reog city

    ReplyDelete
  20. saya tau anda Lady rose sejati, semua tergambar dari tulisan-tulisan anda yang sama "cerdas"-nya dengan SID :)
    tetap lakukan apa yang menurut anda benar,kebenaran bersifat subjektif jadi tidak semua orang memiliki indikator kebenaran yang sama :) :D
    Cheers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saya bilang mungkin Anda adalah Sedikit contoh dari kartini kartini indonesia masa kini yang berani melawan arus tanpa harus keluar dari koridor yg anda yakini. Salut. Keep on rockin mbak!!!. :)

      Delete

Music Video of The Week