The Other Side of Me: something to be Remembered

Friday, July 11, 2014

something to be Remembered

"Tidak semua luka meninggalkan perih selamanya. Ada juga luka yg hanya meninggalkan bekas, yang suatu saat nanti jika kita melihat bekas luka itu, kita akan tersenyum dan menertawakan kebodohan kita." Barusan aku update status di facebook kayak gitu. Sok bijak banget, ya? Hehe... Iya, sok bijak, tapi bener, kok. Kenapa jadi tiba-tiba sok bijak gitu, sih? Bukan tanpa alasan juga. Gara-garanya ngobrolin masa lalu sama seorang teman, sebut saja namanya Ijah. 


Aku jadi teringat sebuah kisah yang udah kayak drama sinetron aja ceritanya. Biar enak, kita kasih nama deh tokoh-tokoh dalam drama ini.
Bejo = cowok sok kecakepan
Ijah = cewek yang patah hati
Iyem = cewek selingkuhan

Once upon a time (holooohh), si Ijah nelpon aku sambil nangis-nangis. Dia baru aja putus sama si Bejo. Kenapa? Ternyata Bejo selingkuh sama Iyem. Ya aku sih cuma bisa kasih nasehat yang terdengar klise, seperti: udah lupain aja dia, rugi nangisin dia, move on ya, dan sebagainya dan sebagainya.

Setelah curhat selesai, gantian aku tanya ke si Bejo soal putusnya mereka. Maksudnya minta klarifikasi gitu soal perselingkuhan dia. Hasil klarifikasi dari si Bejo: "Aku tuh sayang banget sama Ijah, aku gak mau putus sama dia. Tapi aku juga gak bisa ninggalin Iyem. Dia ngancem bunuh diri kalo aku tinggalin."

Well...well...sinetron banget, ya? Hehe. Dan setelah beberapa kali sms-an sama Bejo, si Iyem ini langsung sms aku, bilang gini kira-kira: " kamu itu siapa? Sms-sms pacarku? Bla bla bla" pokoknya penuh dengan caci maki yang gak baik kalo ditulis disini. Dan dia membenarkan kalo gak mau ditinggalin sama Bejo, lebih baik mati aja daripada putus sama Bejo. Hmmm...

Setelah beberapa hari, beberapa minggu, si Ijah masih juga nangis-nangis kalo keinget Bejo. Masih sayang, katanya. Bejo juga bujuk-bujuk aku buat bantuin dia biar bisa balikan lagi sama Ijah. Dan aku terperangkap dalam kegalauan. Apa mungkin si Bejo bisa berubah? Sepertinya, bakat selingkuhnya itu udah mendarah daging. Aku gak mau Ijah jatuh lebih dalam lagi. Segini aja udah sakit, gimana kalo nanti dikhianati lagi? Tapi, aku mikir juga, gak mau ikut campur, gak mau maksain mereka harus balikan atau mereka gak boleh balikan. Biar mereka aja deh yang mutusin gimana baiknya. Dan akhirnya, Ijah memutuskan untuk balikan lagi. Ya udah, resiko tanggung sendiri. Mereka balikan, tapi gak lama kemudian mereka putus lagi. Si Ijah susah banget move on. Masih sering nangis, masih susah lupain, masih ngerasa sayang sama Bejo.

Terkadang rasa sayang itu menjebak kita sendiri. Walaupun udah disakiti, dikhianati, masih saja susah untuk mengubur rasa sayang itu. Kemudian rasa sayang itu dikonversi menjadi benci. Tapi benci bukan solusi, justru rasa sakit itu semakin nancep di hati.

Dulu sekali, sebelum Ijah mengalami sakit hati, aku udah mengalami. Aku tau gimana sakitnya, gimana susahnya move on, gimana bekas luka yang menganga itu susah sekali kering, masih tetap basah. Orang yang dulu aku sayang, jadi orang yang paling aku benci. Aku gak bisa maafin dia yang udah bikin aku sakit hati. Tetapi ketika aku mencoba untuk mengikhlaskan dan memaafkan, sedikit demi sedikit luka itu mulai mengering. Rasa sakit itu hilang dengan sendirinya. Bahkan sekarang, aku bisa berteman lagi sama Bejo, seperti dulu, sebelum kami pacaran.

Ya, Bejo. Dia mantan pacarku yang udah bikin aku patah hati. Dia mantan pacarku yang (ternyata) selingkuh di belakangku, sama Ijah.

Aku pernah baca sebuah kalimat, entah dimana, bunyinya: "Jika kita tidak pernah merasa sedih, kita tidak akan tahu yang namanya bahagia". Benar. Hidup ini kalo isinya bahagia terus, kebahagiaan itu akan jadi hambar, biasa. Tetapi kalo kita juga merasa sedih, kebahagiaan itu akan jadi luar biasa. Jadi, kalo lagi patah hati, nikmatin aja sedih dan sakitnya, hehe. Suatu saat nanti, setelah itu berlalu, kita akan sangat bersyukur dengan apa yang kita miliki setelahnya. Kebahagiaan itu akan datang. Dan kalo kita melihat lagi bekas luka itu, kita pasti akan tertawa dan berkata, betapa bodohnya aku dulu, menangisi seseorang yang gak pantes buat ditangisi, bodohnya aku dulu mengganggap dia yang terbaik.


PS: Ijah sekarang udah nikah dan baru aja melahirkan anak pertamanya. Aku juga udah nikah dong, udah 2 buntutnya. Bejo? Udah punya pacar baru sih, gak tau kapan mau nikah, atau mau pacaran terus? Hehe.

1 comment:

Music Video of The Week